5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tepung Singkong

Tepung singkong memiliki potensi besar bagi mereka yang menjalani diet terbatas, dan paling dekat menggantikan tepung terigu dalam memasak dan memanggang. Berikut adalah 5 hal yang perlu Anda ketahui tentang Tepung singkong.

1. Tepung Singkong Bebas Gluten, Jutaan orang di Amerika Selatan, sebagian Asia dan Afrika bergantung pada tanaman singkong sebagai bagian dari makanan pokok mereka. Tanaman ini menghasilkan umbi singkong (juga dikenal sebagai yuca atau ubi kayu), yaitu umbi bertepung tinggi karbohidrat yang mirip dengan ubi, kentang, dan talas.

 2. Tidak Sama dengan Tepung kanji. Ini bisa membingungkan, karena istilah “tepung singkong” dan “tepung kanji” digunakan secara bergantian, tetapi ada perbedaan yang mencolok antara keduanya.

Tapioka adalah pati yang diekstrak dari umbi singkong melalui pencucian dan pengupasan. Daging basah kemudian diperas untuk mengeluarkan cairan bertepung, dan setelah air diaupakan dari cairan ini, akan menyisakan tepung kanji.

Sementara Tepung singkong, sebaliknya, adalah akar utuh – dikupas, dikeringkan dan digiling. Ini memiliki lebih banyak serat daripada tepung kanji, dan dapat digunakan untuk membuat tortilla, yang tidak mungkin dilakukan dengan tepung kanji.

3. Apakah Tepung Singkong beracun?

Tidak. Tepung itu sendiri tidak beracun. Benar bahwa umbi singkong mengandung senyawa sianida alami yang sangat beracun, tetapi itu hanya jika dimakan mentah. Budaya tradisional telah membuat dan memakan tepung singkong selama berabad-abad, dan mereka telah menyempurnakan teknik perendaman, memasak, dan fermentasi singkong untuk menghilangkan racun.

Anda dapat yakin bahwa tepung singkong dan tapioka yang dijual di pasaran tidak mengandung racun berbahaya.

 

 4. Tinggi Karbohidrat.

Singkong memiliki kalori dan karbohidrat dua kali lipat dari 100g ubi, yang membuatnya menjadi sumber makanan yang bermanfaat bagi jutaan orang.

Namun, kadar karbohidrat yang tinggi bisa berarti lonjakan insulin. Jika Anda mengikuti diet rendah karbohidrat, rendah gula, atau paleo, sebaiknya perhatikan asupan singkong Anda.

5. Tepung Singkong Paling Mirip Tepung Terigu dalam Tekstur dan Rasa. 

Karakteristik tepung singkong inilah yang membuatnya sangat baik untuk dimasak dan dipanggang. Tidak seperti tepung bebas gluten lainnya seperti almond atau kelapa, tepung singkong memiliki rasa yang sangat ringan. Ia juga memiliki tekstur yang lembut dan seperti tepung seperti tepung terigu.

Ini dapat digunakan dalam memasak sebagai pengganti tepung terigu dengan rasio 1: 1 di banyak resep (tapi tidak semua). Pastikan Anda membeli tepung singkong merk yang berkualitas untuk hasil terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *